Acara Grebeg Lawu akan berlangsung pada 20-25 November2023 di Kabupaten Karanganyar. 

Visitcentraljava.com Grebeg Lawu menampilkan pentas seni pertunjukan, seperti seni tarim wayang kulit, reog, karawitan, dan ketoprak. Event ini merupakan rangkaian Hari Jadi ke-106 Kabupaten Karanganyar.

Acara Grebeg Lawu akan berlangsung pada 20-25 November 2023 di Kabupaten Karanganyar. “Grebeg Lawu adalah perayaan seni dan budaya yang menjelajahi kekayaan tradisional Indonesia dengan keindahan, kedalaman, dan keragaman yang luar biasa. Dalam konteks ini, festival ini menghadirkan suatu panggung spektakuler yang menggabungkan berbagai seni pertunjukan yang mencakup seni tarim wayang kulit, kekuatan dan keberanian reog, cerita-cerita mendalam dari seni ketoprak, dan keharmonisan musikal dari seni karawitan.

Seni tarim wayang kulit membawa kita ke dalam dunia mitologi dan cerita epik yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Melalui bayangan kulit dan permainan dalangnya, kita menyaksikan tokoh-tokoh pahlawan, dewa, dan makhluk mitologis yang hidup dan berbicara di atas panggung, membawa cerita-cerita yang telah membentuk budaya kita.

Reog, dengan karakteristiknya yang kuat dan berani, mempertunjukkan warisan keberanian dan ketangkasan tradisional. Kostum berwujud singa dan sapi, serta gerakan tarian yang mengesankan, menggambarkan sejarah dan mitologi Jawa dengan cara yang memukau.

Seni ketoprak, sementara itu, mengambil peran dalam membawa cerita-cerita dari kehidupan sehari-hari, seringkali dengan sentuhan humor dan pesan moral. Ini adalah bentuk seni yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, mengajarkan dan menghibur dalam satu paket.

Karawitan, dengan alunan nada dan irama yang khas, membawa kedamaian dan keindahan yang tak terhingga. Ini adalah meditasi musikal yang mengangkat jiwa dan menembus hati penonton, mengingatkan kita pada kekayaan warisan musik tradisional yang mendalam.

Dalam karya seniman yang luar biasa, Grebeg Lawu menghadirkan persilangan budaya dan keindahan dari berbagai penjuru Indonesia. Ini adalah panggung yang mengeksplorasi lapisan-lapisan kebudayaan, menghidupkan kembali tradisi lama, dan menciptakan pengalaman yang mempesona. Grebeg Lawu adalah perayaan panjang yang membuka pintu ke dunia yang kaya dan luas dari seni dan budaya Indonesia.”

Tri Andi Mulyandono

Related Posts