DERETAN EVENT  WISATA UNGGULAN JAWA TENGAH 2023.

Visitcentraljava.com, Disporapar Propinsi Jawa Tengah dalam tahun 2023 sedikitnya telah menyiapkan 15 Event yang menarik dan spektakuler yang tak boleh dilewatkan,

Event event ini menjadi unggulan Jawa Tengah dalam mendongkrak kualitas dan kwantitas wisatawan pada tahun 2023.

Berikut 15 daftar event di Jateng 2023.

1, Grebeg Sudiro 10 – 31 Januari, Grebek Sudiro merupakan reaktualisasi tradisi menyambut tahun baru implek yang menunjukkan akulturasi budaya Tionghoa dan Jawa.

2. Tradisi Dukderan. 17 Maret, Dukderanadalah tradisi jelang Ramadan di kota Semarang sejak tahun 1881 istilah Dukderan derasal dari bunyi Beduk dan dentum meriam, Dukderan saat ini dikemas dalam bentuk karnaval yang dimeriahkan dengan pertunjukan Seni budaya.

3.Solo Menari 29 April, Solo menari 2023 digelar dalam rangka hari Tari Sedunia yang telah berlangsung sejak 2009, event ini menunjukkan tari karya koreografer Nasional maupun Internasional.

4.Merbabu Sky Race 6 Mei, Merbabu Sky Race adalh lomba lari trail dengan rute melewati 3 jalur pendakian di Gunung Merbabuyakni Cuntel, Wekas dan Selo yang terbagi menjadi 3 katagori yaitu 10 K, 20 K dan 40 K. Untuk katagori 20K da 40 K juga secara resmi medapat poin di UTMB dan ITRA. Lokasi perlombaan berada di Sunsetfalls Garden dan Resortsebagai titik Start da Finish. Info selengkapnya melalui instagram @merbabu_skyrace.

5. Moro Borobudur 15 – 16 Juli.Moro Borobudur merupakan festuval seni musikal konteporer, musik Pop jawa dan Indonesia sejak tahun 2020.

6. Solo Keroncong Festival 22 – 23 Juli, Kota Solo dikenal karya karya lagu keroncong yng diciptakan penyair daerah,SKF hadir sejak tahun 2009 dan untuk tahun ini SKF hadir dengan tema “Keroncong Murni Selalu di Hati”

7. Tour De Borobudur 1 Agustus, Tour De Borobudur merupakan salah satu Event olah Raga sepeda yang paling dinanti para cyclist, informasi selengkapnya dapat diakses melalui instagram @tourborobudur.

8. Festival Arak arakan Cheng Ho 19 – 20 Agustus. Festival ini sebagai bentuk peringatan kedatangan Laksamana Cheng Ho di Seamarang 618 tahun yang lalu.

9, Dieng Culture Festival 25 – 27 Agustus, Sebuah Festival berkelas yang memadukan keindahan alam dengan keunikan budaya serta tradisi di Dataran Tinggi Dieng , Festival Dieng ini akan menyuguhkan pertunjukan musik Jazz di atas awan ditengah suhu yang dingin. Dan puncaknya ialah ritual khusus cukur rambut anak gembel (gimbal).

10.Java Ballon Attraction 26 -27 Agustus, Tradisi balon udara tradisional yang berukuran besar dengan motif beragan dan berwarna warni.Event ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan seni budaya, bazar UMKM dan lomba lomba budaya dan ekraf.

11. Solo Internasional Perfoming Art 10 – 12 September, Memasuki tahun ke 12 SIPA 2020 mengusung tema “Recognition and Acceleration”

12. Festval Kota Lama 7 – 17 September, Festival ini merupakan event tahunan yang diadakan sejak tahun 2012 yang mengusung tema Kuno,Kini,Nanti. Pengunjung bisa menikmati nostalgia Pasar Sentiling dengan pameran kuliner legendaris, dan banyaklagi hiburan yang menarik.

13. Festival Payung Indonesia 8 – 10 September, Festival ini menampilkan segudang kreasi dan serba serbi payung dari Indonesia dan Mancanegara.tidak hanya itu festival ini juga mengadakan pertunjukan seni dan berbelanja di pasar kreatif, Fespin akan diselenggarakan di Pura Mangkunegaran.

14.Mesatila 100 16 – 18 Oktober, Mesatila 100 adalah event lari Ultra Trail yang unik dan ekstrim Yang menantang jiwa dan raga bertempat dijantung pulau Jawa. Acara Ultra trail ini melintasi dan mendaki hingga lima gunung jawa Tengah yaitu Andong, Merbabu, Merapi, Telomoyo, Gilituri dan finist di Mesa Stela Resort da Spa.

15. Borobudur Marathon 1 November, kegiatan ini adalah ajang olah raga lari bergengsi yang diikuti oleh para atlit dan pelari umum dari berbagai daerah indonesia, tidak hanya pelari dari Indonesia saja tapi juga diikuti pelari asal mancanegara.. ( OSE )

Tri Andi Mulyandono

Related Posts