DESA JAPAN KUDUS MASUK 10 BESAR DESA WISATA TERBAIK 3023

Visitcentraljava.com. KUDUS,  Prestasi masuk dalam 10 besar destinasi wisata Jawa Tengah terbaik 2023, diraih Desa Wisata Japan Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus Capaian tersebut sangat membanggakan, mengingat Desa Japan baru ditetapkan sebagai Desa Wisata pada 2021 lalu.

Masuknya Desa Wisata Japan dalam 10 besar dalam kegiatan Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2023 menunjukkan bahwa Desa Japan sudah siap menyambut wisatawan dengan standar yang ada. Karena penilaian yang dilakukan panitia Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2023 meliputi banyak aspek.

Mulai dari paket desa wisata dan pengelolaan desa wisata, atraksi seni budaya. Hingga kearifan lokal, souvenir, digital dan konten kreatif dan ketersediaan homestay dan toilet bersih yang standar. Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2023 sendiri diadakan oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Desa Japan Sigit Tri Harso mengatakan, masuknya Desa Japan dalam 10 desa wisata terbaik di Jawa Tengah pada 2023 tentu sangat membanggakan. Namun sekaligus juga banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan untuk menyempurnakannya.

Menurutnya perbaikan tentu harus dilakukan agar Desa Wisata Japan bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang selalu menarik wisatawan dalam berkunjung. ”Potensi yang kami miliki terus digali dan disempurnakan,” katanya.

Sigit mengungkapkan, potensi wisata Desa Japan memang mengandalkan wisata alamnya. Karena memang memiliki daya tarik tersediri. Apalagi memang lokasi Desa Japan berada di pegunungan Muria. Potensi alamnya sangat besar dan akan terus digali.

”Kami berharap dengan terus dilakukan pembenahan, Desa Japan menajadi salah satu destinasi yang bakal terus dikunjungi banyak wisatawan,” terangnya.

Wisata Desa Japan yang ditawarkan saat ini cukup menarik, tentunya dengan menawarkan keunikan alamnya. Mulai dari edukasi Jeruk Pamelo, edukasi kopi, tari tradisional, susur Rejenu hingga membatik.

Sementara itu, Ketua Pengelola Desa Wisata Japan Mutohar mengatakan, masuknya Desa Japan dalam 10 besar desa wisata terbaik di Jateng tentu menjadi pelecut untuk terus berbenah. Hal ini juga membuat mereka mengembangkan Desa Japan lebih baik lagi.

Salah satu upaya untuk mengenalkan Desa Wisata Japan dalam waktu dekat adalah dengan kegiatan pameran dan talkshow. Dalam kegiatan itu juga akan dilakukan launching branding ‘Negeri Kopi’.

Acara tersebut bekerjasama dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) dan Angkah Pandawa Indonesia. Kegiatan ini rencananya telah dilaksanakan pada Jumat – Minggu 6 – 8 Oktober 2023 di Loemento’ Cafe and Resto.

Kegiatan ini dinamai Pameran Palana Japan dan Workshop Desa Wisata. Selain pameran dan workshop, juga akan dilaksanakan photo contest dengan tema ‘Merekam Ingatan Japan’.imbuhnya ( Ose)

Tri Andi Mulyandono

Related Posts