Eksplorasi Wisata Budaya Religi, “BERADA DI KETINGGIAN”

“Selamat Hari Raya Saraswati, perayaan kebijaksanaan dan ilmu pengetahuan bagi Umat Hindu di Dukuh Cetho! Pada tanggal 16 Desember 2023, mari bergabung dalam kemeriahan upacara yang penuh makna ini, di mana sembahyang dan pembacaan kitab suci Weda menjadi simbol penghormatan kepada Dewi Saraswati, sang Dewi ilmu pengetahuan.

Di tengah keindahan alam Dukuh Cetho, perayaan ini memuncak pada wuku terakhir, Wuku Watugunung, pada Saniscara atau Sabtu Umanis Watugunung. Pura Saraswati, tempat keramat yang terletak dengan elegan 300 meter di belakang Candi Cetho, menjadi saksi keagungan acara ini.

Teguh Pambudi, Mpd, sebagai tokoh pemuda Umat Hindu, mengajak kita semua merasakan kekhidmatan dalam upacara ini. Mahasiswa dari Solo pun turut serta, mulai dari kirap menuju Taman Saraswati yang dipimpin oleh pemangku, hingga persembahan seni Balai Ganjur yang memukau hati.

Perayaan Hari Saraswati tidak hanya menjadi kebahagiaan lokal, namun juga merangkul umat Hindu dari berbagai daerah. Dukuh Cetho memperingati Hari Saraswati dua kali setiap enam bulan, sebuah acara besar yang membuka pintu bagi umat Hindu dari luar. Inilah juga saatnya untuk menjadikan kegiatan ini sebagai wisata edukasi budaya, melibatkan dan memperkaya pengetahuan spiritual dan kearifan lokal.

Dukuh Cetho, selain sebagai penjaga sejarah, kini telah menjadi destinasi wisata yang diminati di Ngargoyoso Kemuning. Suasana villa pegunungan yang menenangkan dan pemandangan indah kota di bawah karanganyar membuatnya begitu istimewa. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk merasakan pengalaman liburan unik dan berkesan!

Untuk perjalanan Anda yang tak terlupakan, kunjungi visitcentraljava.com dan temukan paket wisata yang sesuai keinginan Anda. Selamat merayakan Hari Raya Saraswati dengan penuh kegembiraan dan keberkahan di Dukuh Cetho, tempat di mana keindahan alam dan spiritualitas bersatu dalam keharmonisan yang sempurna!”

Tri Andi Mulyandono

Related Posts