Karnaval Grebek Sudiro 2024 Memukau Ribuan Pengunjung.

Visitcentraljava.com – ribuan pengunjung dari berbagai penjuru terlihat pula wisatawan macanegara berasal dari korea ikut berkumpul di depan Pasar Gede untuk merayakan Karnaval Grebek Sudiro 2024 yang spektakuler, acara yang di nantikan dengan antusiasme ini mengadirkan beragam atraksi seni, kostum – kostum kreatif, dan pertunjukan musik yang memuakau.

Warga terlihat antusias menyaksikan parade peserta karnaval meski berlangsung di tengah guyuran hujan, hingga pembagian ribuan kue kranjang sebagai tanda berakhirnya acara.

Dengan tema “Bersatu Dalam Kebhinekaan” karnaval ini bertujuan untuk mempromosikan kekayaan budaya lokal dan juga menjadi simbol harmoni dan akulturasi masyarakat di kota solo.

Karnaval dimulai dari titik awal Depan Pasar Gede, dan dilanjutnmelintasi jalan -jalan yang mengelilingi pasar gede, mempesona penonton denganpersembahan kreatif dari setiap kelompok seniman, komunitas seni, sekolah, seni budaya dari masing – masing kelurahan dan organisasi masyarakat.

Kostum – kostum yang dipamerkan mencerminkan keanekaragaman budaya tradisional dan moderen, dengan warna – warni yang mencolok dan detail serta menakjubkan.dari pakai tradisional hingga kostum modern yang terinspirasi oleh warisan sejarah. Setiap peserta karnaval telah berusaha keras membuat penampilan yang mereka tampilkan tak terlupakan.

Tidak hanya itu, atraksi seni seperti tarian tradisional, dan pertunjukan musik dengan alat musik barang bekas menghibur para pengunjung sepanjang rute karnaval, sehingga terlihat memancarkan semangat kebersamaan dan kebanggan akan identitas budaya mereka.

Para peserta dan penonton karnaval mengungkapkan kebahagian mereka atas kesuksesan acara ini serta apresiasi yang mendalam terhadap upaya bersama memperkaya kehidupan komunitas mereka.

Karnaval Grebek sudiro 2024 menjadi event budya yang sudah termasuk ke dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024, Grebek Sudiro sendiri menjadi event perdana KEN 2024. acara tersebut menjadi wadah akulturasi budaya yang sudah digelar sejak 2027. Dengan antusiasme yang meluap, karnaval ini menunjukan bahwa kekeyaan budaya menjadi sumber kebanggan dan inspirasi bagi generasi kedepan. Ajang tahunan ini menjadi salah satu penanda penting dalam kalender budaya Sudiroprajan, yang akan di kenang semua yang hadir dan menjadi daya tarik bagi wisatawan di masa mendatang. Sahabat traveler yang ingin tau atau melihat acara tersebut yang akan datang di tahun 2025 bisa datang ke solo kelurahan sudiroprajan atau Pasar Gede sebelum perayaan Imlek atau tahun baru china. (fajar sant)

Tri Andi Mulyandono

Related Posts