KEMENPAREKRAF SUSUN PEDOMAN PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA AMAN BENCANA.

Visitcentraljava.com, Menparekraf, Sandiaga Salhuddin Uno memberikan penjelasan, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tengah menyusun pedoman pengembangan destinasi pariwisata aman bencana.

Hal ini penting dilakukan sebagai upaya mitigasi kondisi darurat yang menjadi salah satu prioritas dalam pembanguan sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Indonesia.

Tahun 2022 lalu tahun yang penuh tantangan, tetapi juga menjadi salah satu tahun titik balik kebangkitan sektor pariwisata pasca pandemi, Hal ini juga sekaligus memberikan pelajaran, bahwa sektor pariwisata merupakan sektor yang dihantui pleh krisis bencana’ kata Sandiaga dalam weekly Press Brief with Sandi Uno di Jakarta ( 7/3/2023 ).

Lebih lanjut Sandiaga Uno menjelskan adanya krisis dan bencana sangat mudah dipengaruhi oleh perubahan-perubahan, maupun kejadian-kejadian di sekelilingnya serta krisis kepariwisataan ini misalnya dapat terjadi karena sektor alam maupun non alam.

“Kami sebagai Regulator terus berupaya dalam menangani krisis tersebut untuk bangkit lebih cepat pulih lebih kuat, salah satu strategi yang diusung adalah. Penguatan dan peningkatan ketahanan (resiliensi) destinasi pariwisata terhadap potensi bencana alam dan non alam.melalui kegiatan mitigasi dan kesiapan bencana dalam lingkup managemen krisis pariwisata serta sinergi program antar kementrian/lembaga”ujarnya.

“Pengkajian kebutuhan Paska Bencana merupakan instrumen pemerintah dan para pemangku kepentingan untuk menyusun kebijakan, program dan kegiatan rehabilitasi dan rekontruksi yang berlandaskan pada informasi yang akurat dari para pihak yang terdampak bencana dalam bentuk dokuman rencana aksi”katanya menutup wawancara.

Tri Andi Mulyandono

Related Posts