“Kemeriahan Tradisi Lokal: Rebutan Tumpeng Raksasa dalam Perayaan Sedekah Bumi Desa Kalilunjar”

visitcentraljava.com, Banjar Negara Potensi Budaya sedekah Bumi Dalam sebuah acara sedekah bumi yang megah dan meriah di Desa Kalilunjar, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara, ratusan warga bergabung dalam prosesi rebutan tumpeng raksasa setinggi 7,7 meter. Tradisi ini tidak hanya menjadi bagian dari perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77, tetapi juga menjadi momentum untuk mempersembahkan hasil bumi dan kekayaan kepada masyarakat.

Warga Desa Kalilunjar menunjukkan antusiasme yang luar biasa saat mereka mengikuti prosesi rebutan tumpeng raksasa di halaman Kantor Desa. Tumpeng raksasa ini tidak hanya berisi nasi putih, nasi merah, nasi jagung, dan aneka sayuran, tetapi juga diisi dengan uang tunai senilai jutaan rupiah. Kemeriahan acara ini tidak hanya menyatukan masyarakat dalam semangat kebersamaan, tetapi juga menjadi kesempatan bagi mereka untuk merasakan berkah dan kegembiraan yang berlimpah.

Dengan mengikuti tradisi ini, setiap warga dapat merasakan kehangatan komunitas dan kekayaan budaya yang dimiliki oleh Desa Kalilunjar. Merayakan perpaduan antara tradisi lokal dan semangat kemerdekaan, acara sedekah bumi ini memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap peserta. Jangan lewatkan kesempatan untuk bergabung dalam perayaan yang penuh makna ini, serta merasakan kehangatan dan kegembiraan bersama dengan masyarakat Desa Kalilunjar.

Tri Andi Mulyandono

Related Posts