“Mendorong Pengembangan dan Pengakuan Nasional Wisata Budaya Batik Kota Pekalongan”

visitcentraljava.com Ayo bersama-sama kita dukung pengembangan Wisata Budaya Batik Kota Pekalongan ke level nasional! Inisiatif yang diambil oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) bersama dengan tiga daerah penghasil batik lainnya, Yogyakarta, Solo, dan Rembang, adalah langkah yang sangat positif. Melalui paket pola perjalanan wisata batik yang dirancang secara khusus, kita memiliki kesempatan untuk mengangkat kekayaan budaya Indonesia ini ke panggung nasional dan bahkan internasional.

Dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Dinparbudpora) Kota Pekalongan serta para penggiat batik di sana adalah cerminan dari semangat untuk memajukan budaya lokal. Kepala Dinparbudpora Kota Pekalongan, Sutarno, dengan tegas menyatakan bahwa langkah ini adalah langkah yang tepat, mengingat potensi besar yang dimiliki oleh batik asli Pekalongan.

Kota Pekalongan sudah terkenal dengan keindahan dan keunikan batiknya, dan juga telah diakui sebagai Kota Kreatif Dunia. Kini, saatnya untuk mengembangkan potensi ini lebih lanjut, dengan memasukkan wisata batik Kota Pekalongan ke dalam pola perjalanan wisata batik nasional. Dengan demikian, kita tidak hanya memperkenalkan keindahan batik Pekalongan kepada seluruh Indonesia, tetapi juga kepada dunia.

Batik bukan hanya warisan budaya, tetapi juga sumber penghidupan bagi masyarakat Kota Pekalongan. Dukungan dari pemerintah dan masyarakat setempat sangat penting untuk memastikan bahwa warisan ini terus dilestarikan dan dikembangkan. Melalui kerjasama antara pemerintah, penggiat batik, dan masyarakat, kita dapat memastikan bahwa batik Pekalongan akan semakin dikenal dan dihargai oleh banyak orang.

Mari bersama-sama kita dukung upaya pengembangan Wisata Budaya Batik Kota Pekalongan ke level nasional, karena dengan begitu kita juga turut mempersembahkan kekayaan budaya Indonesia kepada dunia!

Tri Andi Mulyandono

Related Posts