Menelusuri Keunikan Usia 300 Tahun Klenteng Tien Kok Sie Simbol Toleransi Kebudayaan di Kota Solo

visitcentraljava.com Hari Perayaan imlek untuk kota Solo, tidak bisa dipisahkan dari hadirnya ratusan lampion di jalan Sudiroprajan, tak di lupakan keberadaan Kelennteng Tien Kok Sie terletak di sebelah selatan Pasar Gede.

Bagi sahabat traveler yang belum mengerti atau tahu, klenteng Tien Kok Sie merupakan tempat ibadah masyarakat Tionghoa yang sudah lama dibangun hampir 300 tahun usianya.

Ayo kita telusuri explor klenteng Tien Kok Sie, slah satu cagar budaya Kota Solo yang masih bertahan hingga sampai sekarang. Kelenteng Tien Kok Sie sendiri berada di Jl. RE Martadinata No. 12 Sudiroprajan, Jebres Surakarta, dekat pasar Gede Solo.

Untuk luas klenteng ± 250 meter dan berdiri berdiri bersebelahan dengan beberapa kios pertokoan yang ada di wilayah tersebut. Tak perlu bingung untuk mencarinya karena bangunan tersebut sangat mudah dikenali dikarenakan warnanya yang dominan merah dan emas. 

Bangunan klenteng seperti pada umumnya, klenteng Tien Kok Sie memliki warna merah yang diminan. Untuk bagian depan terdapat dua patung singa atau bisa disebut patung penjaga yang bernama Ciok Say. Untuk di dalam bangunannya sendiri terdapat beberapa patung dewa seperti patung Dewi Kuan Im, Dewi Laut, serta lainnya.(fajarsant)

Tri Andi Mulyandono

Related Posts