“Menjaga Keseimbangan Alam dan Mempererat Ikatan Sosial”

visitcentraljava.com, Kota Semarang Potensi adat Sesaji Rewanda Semarang adalah sebuah tradisi magis yang memancarkan kekayaan budaya dan spiritualitas masyarakat Jawa, menjadi salah satu peristiwa tahunan yang paling dinantikan oleh warga Semarang. Upacara ini merupakan perpaduan antara ritual keagamaan dan kepercayaan animisme yang telah diwariskan dari generasi ke generasi, menciptakan sebuah harmoni yang indah antara manusia, alam, dan roh leluhur.

Setiap tahun, pada waktu yang telah ditentukan, warga Semarang berkumpul untuk mempersiapkan berbagai persembahan dengan penuh dedikasi dan ketulusan. Persembahan tersebut biasanya berupa makanan tradisional, bunga-bunga segar, dupa harum, dan berbagai jenis sesajen lainnya yang disusun dengan rapi dan estetis. Masing-masing item persembahan ini memiliki makna simbolis yang mendalam, menggambarkan harapan, doa, dan rasa syukur masyarakat terhadap kehidupan yang mereka jalani.

Prosesi Sesaji Rewanda dimulai dengan upacara doa yang dipimpin oleh tokoh spiritual atau pemuka adat setempat. Mereka akan membacakan mantra-mantra dan doa-doa suci untuk memohon berkah, perlindungan, serta kesejahteraan bagi seluruh komunitas. Suasana menjadi khidmat dan magis, diiringi dengan alunan gamelan Jawa yang menggetarkan hati dan jiwa setiap peserta upacara.

Salah satu momen puncak dalam upacara ini adalah ketika persembahan disemayamkan di tempat-tempat suci atau lokasi-lokasi yang diyakini memiliki kekuatan spiritual. Masyarakat percaya bahwa roh-roh leluhur akan turun dan menerima persembahan tersebut, memberikan berkah dan perlindungan kepada mereka yang telah menunjukkan rasa hormat dan penghargaan. Dalam suasana yang penuh haru dan kebersamaan, warga berbagi cerita, berdoa bersama, dan memperkuat ikatan sosial antar anggota komunitas.

Tri Andi Mulyandono

Related Posts