“Peran Aktif Masyarakat dalam Pelestarian dan Pengembangan Kesenian Lokal dalam rangka Vestival Demak”.

Visitcentraljava.com, Demak Potensi Seni dan Budaya Tentunya! Mari kita temukan keajaiban dalam keberagaman seni dan budaya Demak yang kaya akan warisan budaya nenek moyang kita. Kabupaten Demak, dengan segala potensi dan kekayaannya, kembali merayakan kehidupan seni dan budaya yang semakin menggeliat. Inisiatif dari Pemerintah Kabupaten Demak yang bekerja sama erat dengan Dewan Kesenian Daerah Demak adalah langkah konkret dalam menjaga dan mempromosikan kekayaan budaya ini.

Festival seni dan budaya yang diselenggarakan tidak hanya sekadar acara hiburan biasa. Mereka adalah titik temu antara masa lalu dan masa depan, antara tradisi dan inovasi. Tujuan utamanya bukan hanya untuk menghibur, tetapi juga untuk melestarikan warisan budaya yang telah kita warisi dari para leluhur. Dalam setahun terakhir, acara-acara seperti Grebeg Besar, Megengan, dan Pekan Kebudayaan Daerah telah menjadi sorotan yang memukau, menyatukan masyarakat dalam cinta akan kebudayaan lokal.

Wakil Bupati Demak, Ali Makhsun, dengan semangat yang membara, menjelaskan bahwa kekayaan seni dan budaya di Kabupaten Demak mencapai puluhan hingga ratusan jenis, menjadi aset berharga bagi sektor kebudayaan dan pariwisata. Namun, lebih dari sekadar statistik, hal yang paling membanggakan adalah dukungan yang luar biasa dari masyarakat Demak sendiri. Mereka bukan hanya penonton, tetapi juga pelaku aktif dalam memelihara dan menghidupkan kembali kearifan lokal ini.

Kesenian tradisional telah kembali meramaikan panggung seni Demak setelah masa sulit pandemi Covid-19. Dan yang lebih menggembirakan, respons positif dari masyarakat telah membuktikan bahwa kecintaan terhadap seni dan budaya lokal tidak pernah padam. Pemerintah Kabupaten Demak berkomitmen untuk terus menyelenggarakan beragam acara kebudayaan dan pariwisata, sebagai wujud pengelolaan potensi kebudayaan daerah dengan baik.

Ali Makhsun, penuh optimisme, melihat betapa masyarakat Demak kembali menyambut dengan antusias berbagai pertunjukan seni. Ribuan orang menyaksikan dengan bangga, memberikan bukti nyata bahwa seni dan budaya Demak semakin berkembang dan diminati. Dalam visi pemerintah, program-program pelestarian seni dan budaya daerah akan terus mendapat dukungan penuh. Acara kebudayaan yang digelar Pemkab Demak selalu meriah, dengan konsep yang menyatukan antara hiburan dan pembelajaran tentang potensi seni dan budaya.

Dalam merayakan keindahan dan kekayaan seni dan budaya Demak, kita semua diajak untuk berperan aktif. Kita adalah penjaga dan pelaku utama dalam melestarikan warisan budaya ini untuk generasi mendatang. Dukungan kita tidak hanya dalam bentuk kehadiran di acara-acara kebudayaan, tetapi juga dalam mengapresiasi, mempelajari, dan mengajarkan keindahan dan makna di balik setiap pertunjukan seni.

Maka, mari kita satukan tekad dan semangat kita, warga Demak! Mari kita jadikan setiap acara kebudayaan sebagai pesta rakyat yang meriah, sebagai wujud cinta dan penghargaan kita akan kekayaan budaya lokal. Bersama-sama, kita bisa menjaga agar api kebudayaan Demak tetap berkobar dan menginspirasi seluruh negeri.

Tri Andi Mulyandono

Related Posts