“Pesona Sendra Tari Carica Day Costume Carnival di Desa Seruling, Wonosobo: Merayakan Kebudayaan dalam Keindahan dan Warna”

visitcentraljava.com Di sebuah desa kecil yang dikelilingi oleh perbukitan hijau di Wonosobo, Jawa Tengah, terdapat tradisi unik yang mempesona hati setiap warganya. Tradisi itu disebut “Sendra Tari Carica Day Costume Carnival,” sebuah perayaan yang memadukan seni tari, keindahan kostum, dan semangat gotong royong. Acara ini tak hanya menjadi sorotan lokal, tetapi juga menarik perhatian banyak orang dari luar desa.

Sendra Tari Carica Day Costume Carnival diadakan setiap tahun untuk memperingati sejarah panjang budaya lokal. Cerita itu dimulai dari masa lalu, ketika para leluhur desa Seruling menyelamatkan tanaman carica dari kepunahan. Carica, buah lokal yang khas, menjadi simbol keberanian dan ketekunan masyarakat desa.

Cerita dimulai dari seorang gadis muda bernama Sinta, yang pada zaman dulu dipilih oleh para tetua desa untuk memimpin gerakan penyelamatan carica. Sinta adalah penari berbakat dan memiliki kecintaan mendalam terhadap budaya dan alam sekitarnya. Kostumnya yang unik, dengan warna-warna cerah yang mencerminkan keindahan carica, menjadi inspirasi untuk kemudian dikenal sebagai Sendra Tari Carica.

Setiap tahun, warga desa dengan antusias mempersiapkan perayaan ini. Mereka bekerja sama membuat kostum-kostum indah yang terinspirasi oleh keindahan carica dan nuansa alam sekitarnya. Para penari, baik yang muda maupun yang tua, berlatih dengan penuh semangat untuk mempersembahkan tarian yang indah dan bermakna.

Ketika hari perayaan tiba, desa Seruling berubah menjadi dunia penuh warna dan kebahagiaan. Para penari memadukan gerakan tari yang elegan dengan kostum-kostum yang memukau, menciptakan suasana magis yang membuat mata penonton terpesona. Kostum-kostum tersebut bukan hanya sekadar pakaian, tetapi karya seni yang menceritakan kisah keberanian Sinta dan semangat gotong royong masyarakat desa.

Tidak hanya warga desa yang terlibat, tetapi juga para pengunjung dari luar desa yang datang untuk menyaksikan keindahan Sendra Tari Carica. Acara ini bukan hanya sekadar pesta, melainkan perayaan keberagaman, keindahan budaya, dan keberanian menghadapi tantangan alam.

Dengan Sendra Tari Carica Day Costume Carnival, desa Seruling di Wonosobo berhasil mempertahankan tradisi berharga mereka, mempromosikan keindahan lokal, dan menginspirasi generasi muda untuk menjaga warisan budaya. Sebuah perayaan yang tidak hanya mempesona mata, tetapi juga menyentuh hati, merayakan keberagaman, dan merajut kembali kebersamaan dalam satu gerakan tari yang indah.

Tri Andi Mulyandono

Related Posts