“Rokok dalam Gerak: Eksplorasi Seni Hidup dan Karya”

visitcentraljava.com “Tari Kretek, sebuah keindahan budaya asli Kudus yang menggambarkan kisah penuh keceriaan dan kegiatan sehari-hari para buruh rokok. Dalam tarian ini, penari perempuan dengan anggunnya menjadi representasi dari buruh mbatil yang dengan teliti merapikan ujung-ujung rokok, sementara penari lelaki memainkan peran sebagai seorang mandor yang penuh kuasa.

Setiap gerakan dalam Tari Kretek menggambarkan proses mulai dari pemilihan tembakau hingga rokok siap dipasarkan. Keberanian para penari perempuan yang memakai pakaian khas Kudus dan penari lelaki dengan blangkonnya menciptakan suasana yang begitu hidup dan menggugah. Tak hanya itu, musik gamelan yang mengiringi tarian ini memberikan kekayaan pada setiap gerakan, menambahkan keindahan pada setiap langkah mereka.

Meskipun awalnya bernama tari Mbatil, perubahan menjadi Tari Kretek menjadi bentuk apresiasi terhadap keberlanjutan dan populeritasnya sejak 1985. Sebuah karya seni yang disusun oleh seniman berbakat, Endang Tonny. Melalui lirik lagu yang menggambarkan beragam jenis rokok Kudus, Tari Kretek tidak hanya sekadar pertunjukan, tetapi juga sebuah perayaan kehidupan dan pekerjaan para buruh rokok, memberikan kekayaan budaya yang tak ternilai kepada penontonnya.”

Tri Andi Mulyandono

Related Posts