WARGA LAMUK GUNUNG GELAR SADRANAN.

  • Post category:Berita

Visitcentraljava.com, Kabupaten Temanggung desa Legoksari, kecamatan Tlogomulyo menggelar Sadranan, ratusan warga Lamuk Gunung merayakan sadranan tersebut diisi dengan berbagai macam kesenian tradisional, tarian khas, upacara adat, kirab arak arakan bergodo dan drumband anak anak TK Pertiwi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) kabupaten Temanggung Saltiyono Atmadji mengatakan, sadranan lepen atau sungai yang ada di Lamuk Gunung ini sudah dilakukan bertahun tahun dan turun menurun, Acara dikemas sedemikian rupa untuk menarik animo masyarakat.

Saltiyono Atmadji mengatakan tradisi sadranan digelar beberapa tempat di Temanggung karena perpaduan tradisi dan budaya ini menarik banyak orang untuk dating, sehingga masyarakat merasakan manfaatnya mulai dari pengelolaan parker kendaraan hingga penyewan tempat jualan. Seperti yang terjadi  di Yuksari, kecamatan Ngadirejo dan Cepit Pegergunung, Kecamatan Bulu.

Saltiyono mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, karena diyakini setiap desa yang ada di temanggung ini pasti mempunyai acara sadranan, baik itu sadranan Sarean, Pepunden, Kali, Merti Bumi dan masih banyak lainnyaā€¯ imbuhnya menutup wawancara team Visit. ( OSE )

Tinggalkan Balasan