Kab. Jepara

KABUPATEN JEPARA

    Kabupaten jepara terletak di paling ujung seblah utara dari provinsi jawa tengah. Kabupaten ini berbatasan dengan laut jawa di barat dan utara, kabupaten  pati dan kabupaten kudus di timur, serta kabupaten demak di selatan. Wilayah kabupaten jepara juga meliputi kepulauan karimunjawa yangberada di laut jawa.

    WISATA :

    • Taman Nasional Kariunjawa

     Berasal dari ungkapan bahasa jawa yaitu kremun-kremun (samar) karena pulau karimunjawa yang samar jika dilihat dari pulau jawa. Pulau karimunjawa kaya akan biota laut dan panorama alam yang asri dan alami.

    • Kali Bening

     Terletak di desa tanjung, kali bening merupakan wisata yang menwarkan keindahan alam berupa sungai dari aliran air gunung muria yang airnya jernih dan sejuk khas air gunung. Pemandangan dari kali bening adalah lereng pegunungan muria.

    • Jepara Ourland Park (JOP)

     Wisata bahari terbesar dan terlengkap di jawa tengah. Jepara Ourland Park mnghadirkan menara seluncuran air dan memiliki 36 seluncuran air serta wahana permandian air lainnya.

    KERAJINAN KHAS :

    • Tenun troso

    Dibuat dengan teknik tenun Gedok yang kemudian berkembang menjadi tenun tali. Jenis tenun yang sudah terkenal sejak zaman Belanda ini, berasal dari Desa Troso, Jepara.

    • Ukiran Jepara

    Ukiran jepara berbahan kayu jati. Memiliki ciri khas motif yang terkenal yaitu daun trubusan yang terdiri dari yaitu dua macam. Pertama, daun yang keluar dari tangkai relung. Kedua, daun yang keluar dari cabang atau ruasnya.

    BUDAYA :

    • Perang Obor

    Upacara tradisional yng dimiliki oleh masyarakatKabupaten jepara, khususnya desa tegalsambi, kecematan tahunan.perang obor digelar setiap senin pahing dibulan dzulhijah dalam kalender jawa atau arab. Obor pada upacara tradisional ini adalah pelepah kelapa dan daun pisang kering.

    KULINER :

    • Horok-Horok

    Horok-horok bisa anda temukan di pasar tradisional atau di beberapa warung makan di jepara. Horok-horok tersebut dari tepung sagu dan bentuknya sedikit bulat.

    • Moto belong

    Makanan tradisional khas jepara. Terbuat dari singkong yang diparut dan diperas kemudian diisi buah pisang lalu dikukus. Penyajiannya dengan diiris tipis-tipis dan ditaburi dengan parutan kelapa yang dicampur gula dan garam.

    Newsletter

    Dapatkan info terupdate dari kami
    Something went wrong. Please check your entries and try again.

    Recent News