“Merayakan Kekayaan Sejarah dan Budaya: Kirab Hari Jadi Jepara ke-470”.

visitcentraljava.com, Jepara Potensi kirab budaya hari jadi Jepara

Dalam memperingati Hari Jadi ke-470 Jepara, kita telah bersama-sama merayakan kekayaan sejarah dan budaya yang memikat ribuan hati. Dari Pendapa Kartini hingga sepanjang Jalan Kartini, kita menyaksikan antusiasme yang membara dari seluruh lapisan masyarakat. Melibatkan Bupati Ahmad Marzuqi beserta seluruh jajaran Forkopimda dan para pejabat, kirab tahunan ini menjadi bukti nyata kebersamaan dalam menjaga dan memperkokoh identitas kita sebagai warga Jepara.

Prosesi pembukaan Buka Luwur Makam Ratu Kalinyamat dan Sultan Hadlirin di Komplek Pemakaman Masjid Mantingan menjadi momen sakral yang tidak terlupakan. Penyerahan Luwur baru oleh Bupati Ahmad Marzuqi menjadi simbol kebersamaan dan penghargaan terhadap warisan leluhur yang telah mengukir sejarah Jepara.

Dalam dramatari Laskar Kalinyamat, seratus pelajar dan seniman Jepara telah mempersembahkan keindahan dan kekuatan pasukan Ratu Kalinyamat dengan penuh semangat. Display dua kali di depan rumah dinas wakil bupati dan Tugu Kartini memberikan kesempatan bagi seluruh masyarakat untuk menikmati keajaiban tari tradisional ini.

Kirab yang dilangsungkan di sepanjang Jalan Kartini mengukuhkan kembali rasa persatuan dan kebersamaan kita. Dari Bupati hingga jajaran Forkopimda dan para pejabat, kita berjalan bersama dalam semangat syukur dan harapan akan kemajuan serta keamanan daerah kita tercinta.

Melalui kirab ini, kita tidak hanya merayakan rutinitas, namun juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada para pendiri Jepara serta menyampaikan doa syukur atas kondisi yang kondusif, aman, dan damai yang telah kita nikmati. Semoga kebersamaan ini terus memperkuat semangat kita dalam menjaga dan memajukan Jepara, sehingga masyarakat semakin sejahtera di bawah lindungan-Nya.

Mari terus jaga kekayaan budaya dan sejarah kita, karena di sanalah kita menemukan akar yang kokoh untuk tumbuh dan berkembang sebagai bangsa yang bangga akan identitasnya.

Selamat Hari Jadi ke-470, Jepara tercinta!

Tri Andi Mulyandono

Related Posts