Tahun Ini, Grebeg Sudiro Menghadirkan Keajaiban Budaya: Membangkitkan Kekuatan Lokal dalam Harmoni Warisan”

visitcentraljava.com Grebeg Sudiro kembali hadir kembali yang akan digelar pada tanggal 27 Januari hingga 10 Februari 2024. Pasar Gede Surakarta menghadirkan pusat kegiatan dengan bazar UMKM, bazar potensi, dan perahu hias di area pasar. Selain untuk merayakan secara besar-besaran yaitu mendukung pengembangan ekonomi lokal. Simak agenda Grebeg Sudiro 2024 di kawasan Pasar Gede Solo.

1. Umbul Matram (27 Januari)

Di hari pertama acara dibuka dengan umbul mantram sebagai simbol keberkahan dan doa bersama.

2. Bazar Potensi (28 Januari – 10 Februari)

Guna mendukung pengembangan ekonomi lokal, Bazar Potensi tahun ini terdapat perubahan yaitu tidak ada acara Car Free Night. Hal ini dilakukan atas evaluasi dari penyelenggaraan tahun sebelumnya yang dapat menimbulkan kendala seperti laka lantas. Meskipun telah koordinasi dengan Dinas Perhubungan, Dinas Perdagangan, Satpol-PP, dan kepolisian untuk mengatasi potensi kemacetan di sekitar Pasar Gede Surakarta.

3. Perahu Wisata (28 Januari – 10 Februari)

Perahu wisata akan tetap beroperasi selama perayaan berlangsung. Untuk kamu yang belum tahu apa itu perahu wisata? Perahu Wisata adalah menyusuri sungai untuk menambah daya tarik wisata lokal. Untuk harga tiketnya sendiri masih sama, yaitu Rp10.000, dapatkan penawaran bundling tiket yang menarik.

4. Karnaval Budaya (4 Februari)

Salah satu acara puncak dari setiap perayaan Grebeg Sudiro adalah bagian karnaval budaya yang menghadirkan peserta terbaik untuk menampilkan keberagaman budaya daerah. Namun, ada yang berbeda di tahun ini yaitu, Heritage and Harmony Music Sudiro, sebuah inisiatif yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia melalui deputi penyelenggaraan event.

Acara ini akan mempersembahkan harmoni musik yang mencerminkan kearifan lokal dan warisan budaya.

Itu dia, informasi seputar tradisi Grebeg Sudiro 2024. Kamu yang kebingungan akomodasi untuk bermain ke Solo, tenang saja Nagantour siap sedia untuk menemani perjalananmu dari kotamu menuju ke perayaan Grebeg Sudiro ini dengan sewa mobil murah Solo dan harganya sangat terjangkau.

Tri Andi Mulyandono

Related Posts