Kota Tegal

KOTA TEGAL

Kota Tegal memiliki luas wilayah sekitar 3.968 hektar. Kota Tegal memiliki 4 kecamatan dan 27 kelurahan dengan jumlah penduduk sebesar 280.940 jiwa. Perdagangan dan jasa merupakan sector utama perekonomian Kota Tegal.

WISATA :

  • Klenteng Tionghoa Tek Hay Kiong

Klenteng ini pernah mendapat restorasi pada tahun 1873 oleh Kapiten Tan Koen Hway. Bangunan klenteng ini merupakan bukti keberadaan etnis Tionghoa di Tegal karena masyarakat percaya bahwa klenteng ini didirikan pada tahun 1690.

  • Rita Park

Taman bermain yang terletak di Rita Supermall di Jl.Kol. Sugiono No.155, Kota Tegal. Taman bermain ini dibuka pada tahun 2013 dan menawarkan 21 wahan permainan.

  • Pantai Alam Indah

Tempat wisata yang menawarkan spot menarik, seperti pemandangan Tugu Bahari dan kendaraan tempur di sebelah kiri. Di sebelah kanan, ada Waterboom. Selain itu terdapat permainan kereta mini dan perahu.

KERAJINAN KHAS :

  • Sapu Sorgum

Terbuat dari tangkai gandum yang bulirnya sudah lepas (Gepyok). Dalam pembuatannya, tangkai sorgum diikat dengan tali yang yang dianyam agar lebih kuat. Sapu ini telah diekspor ke beberapa negara seperti Korea Selatan, Jepang, Pakistan, dll.

BUDAYA :

  • Festival Gotong Toa Pe Kong

Rangkaian perayaan imlek di hari ke-15 dengan mengiringi arca dalam prosesi, menggunakan tandu dan meleewati beberapa ruas dan jalan di Kota Tegal.

KULINER :

  • Kupat Bangkok

Makanan khas Tegal berbahan dasar ketupat atau lontong. Hidangan nasi ini disajikan dalam mangkuk dengan sambal goreng, tauge, dan kuah dari semangit (tempe yang dibiarkan hingga hamper busuk).

  • Pia Aren

Oleh-oleh khas dari kota Tegal. Sesuai dengan namanya, pia ini berisi gula aren. Namaun di beberapa toko juga terdapat rasa selain gula aren yaitu kacang hijau dan keju.