KABUPATEN TEGAL

Kabupaten Tegal merupakan salah satu obyek wisata yang terkenal ddi jalur Pantai Utara Jawa Tengah. Kegiatan Pemerintahan dilaksanakan di Kota Slawi. Secara topografi, wilayah utara kabupaten ini merupakan Kawasan pantai, bagian selatan berupa dataran berbukit di lereng Gunung Slamet yang dikelilingi lembah dan perbukitan yang sejuk.

WISATA :

  • Clirit View

Wisata yang berlokasi di Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal ini memiliki sejumlah spot foto menarik yang dilengkapi dengan panorama hutan pinus.

  • Sembrani Stable

Destinasi wisata yang menawarkan arena berkuda dan memanah. Selain itu, pengunjung dapat berkebun dan memberi makan kelinci. Kendang Sembrani terletak di Desa Pagerwangi, Balapulang, Kabupaten Tegal.

  • Baron Hill

Obyek wisata yang telah berada diatas Pancuran Air Tiga Belas dan kaki Gunung Slamet. Di dalam Bukit Baron terdapat berbagai wahana yang cocok untuk dijadikan spot foto, antara lain Rumah Pohon Saung, Balon, Ayunan dan tempat bermain anak.

  • Waterpark Gunung Gantungan

Lokasinya berada di Desa Gantungan, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal. Di dalam wisata ini terdapat kolam renang, kolam terapi ikan dan sebagainya. Wisata ini juga bisa dijadikan spot foto karena terdapat taman dan pemandangan Gunung Slamet.

  • Rodjo Tater

Destinasi wisata terletak di Desa Bugares, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal. Di wisata ini terdapat berbagai wahana seperti mini water park, fish theraphy, aneka satwa, dan kebun buah naga yang bisa dipetik pengunjung.

  • Ramah Wayang

Berada di komplek Pendopo Bupati, koleksi Rumah Wayang mencapai 500 buah, terdiri dari wayang kulit, wayang kayu, dan golek cepak. Pengaplikasian pada ornamenya menggunakan anyaman bambu. Pengunjung dapat menyaksikan diorama perang Bharatayuda dan Ramayana.

KULINER :

  • Tahu Aci/Plethok

Terbuat dari tahu dengan adonan kanji dan dibumbui dengan bawang putih, garam, dan seledri. Rasanya yang kenyal dan gurih sehingga menjadi salah satu makanan tradisional favorit khas Tegal. Sebagian besar diproduksi di Desa Banjaran dan dijual di sepanjang jalan Slawi.