Kab. Pati

KABUPATEN PATI

 Kabupaten pati berjarak kurang lebih 75 km dari kota semarang. Kabupaten pati terletak di jalur panturan yang merupakan jalur dengan mobilitas terpadat di indonesia dan jalur transportasi jepara dan solo.

WISATA  :

  • Juwana Water Fantasy

Menyediakan 37 fasilitas air dan darat. Mereka adalah kolam renang anak-anak dan dewasa, slopping pool, flow pool,waters-lide, ghost cave,rostary coater, play ground, kereta mini, go-cart, dan masih banyak lagi.

  • Goa Pancur

 Terletak di desa jimbaran, kecematan kayen. Panjangnya 736 meter dan memiliki stalakit dan stalamit alami. Anda bisa menyusuri goa dan menikmati sungai bawah tanah yang indah dan alami.

  • Waduk Gembon

Terletak di kaki gunung muria, kecamatan gembong, kabupaten pati. Waduk ini digunakan untuk irigasi untuk lahan pertanian. Disekitar area waduk juga dapat digunakan sebagai tempat berkemah.

KERAJINAN KHAS :

  • Batik Bakaran

Memiliki ciri khas warna yang mendominasi yaitu hitam coklat. Unsur corak atau motif tersebut didasarkan pada motif batik tengah dan pesisir. Ada aliran tengahan karena yang memperkenalkan batik tulis ke wilayah desa bakaran berasal dari kerajaan majapahit.

KULINER  :

  • Nasi Gandul

Bahan utamanya adalah danging sapi yang dimasak dengan bumbu khas nusantara. Nasi gandul disajikan dengan lauk, seperti tempe goreng, perkedel, dll. Cara penyajiannya unik karena menggunakan daun pisan sebagai alas di piring.

  • Soto Kemiri

 Seperti soto lainnya di jawa tengah, soto kemiri juga menggunakan ayam dan touge. Soto kemiri berbeda dengan soto lainnya karena memiliki rasa kemiri dan kuah yang ringan.